1. sebutkan macam-macam pemrosesan data dan jelaskan !
jawab:
1. Macam-macam pemrosesan data:
a. Pemrosesan Batch
Pengumpulan
transaksi dan pemrosesan semua sekaligus dalam batch. kelemahan dari
pemrosesan ini manajemen tidak selalu memiliki informasi mutakhir yg
menggambarkan sistem fisik.
b. Pemrosesan On-Line
Pengolahan transaksi satu per satu, kadang saat terjadinya transaksi, karena pengolahan on-line berorientasi transaksi.
c. Sistem Real Time
Sistem yang mengendalikan sistem fisik, dimana sistem ini mengharuskan komputer berespon cepat pada sistem fisik.
2. Jelaskan peranan alat input, output, software dalam memecahkan masalah!
jawab:Peranan alat input, output, software dalam memecahkan masalah:
Peralatan input dan output penting bagi manager terutama dalam memberikan komunikasi antara manager dengan komputer.
Peralatan input, seperti unit MICR dan OCR memberikan cara untuk
memasukkan data kedalam database, baik ketika terjadi transaksi atau tak
lama kemudian.
Banyak unit output yang digunakan dalam pemecahan masalah secara tidak langsung.
Manager
akan meminta anggota staf untuk mengumpulkan informasi dari rekaman
microfilm dan kemudian menampilkan ringkasannya dalam bentuk laporan
tertulis.
3 a.apa pengertian dari E-commerce
b.sebutkan keuntungan dan kerugian dari E-commerce (min.3)
jawab :
A. Pengertian E-Commerce, dalam Bahasa Indonesia sering
disebut pula dengan “Perdagangan Elektronik”. Pengertian E-Commerce
sendiri adalah sebuah sistem atau cara berdagang dengan menggunakan
bantuan media elektronik. Dalam hal ini e-commerce seringkali
menggunakan bantuan media internet, dimana antara si penjual dan si
pembeli hanya bertemu melalui dunia maya, dan tidak secara langsung
bertemu.
Sehingga semua transaksi perdagangan akan dilakukan secara
elektronik, mulai dari pameran produk, tawar menawar, dan akhirnya
transaksi yang dilakukan melalui sistem transfer antar bank. Dengan
sistem e-commerce ini maka penjual dan pembeli biasanya tidak akan
bertemu muka secara fisik.
B. keuntungan dan kerugian
1. Keuntungan e-commerce di antaranya:a.
Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih
menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
b. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
c. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
d. Melebarkan jangkauan (global reach).
e. Meningkatkan customer loyality.
f. Meningkatkan supplier management.
g. Memperpendek waktu produksi.
h. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
Jika dipandang dari pelaku-pelaku dalam e-commerce, keuntungannya yaitu:
a. Bagi Perusahaan, memperpendek jarak, perluasan pasar,
perluasan jeringan mitra bisnis dan efisiensi, dengan kata lain
mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif, serta
mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya
pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya sehingga dapat
meningkatkan pendapatan.
b. Bagi Konsumen, efektif, aman secara fisik dan flexible
c.
Bagi Masyarakat Umum, mengurangi polusi dan pencemaran
lingkungan, membuka peluang kerja baru, menguntungkan dunia akademis,
meningkatkan kualitas SDM
Selain itu dengan adanya teknologi internet, kelebihan nilai bisnis ini antara lain:
a. Menghasilkan pendapatan baru melalui penjualan online.
b. Memperkecil biaya melalui penjualan dan dukungan pelanggan secara online.
c. Menarik pelanggan baru melalui pemasaran dan iklan web dan penjualan secara online.
d. Membuat produk-produk baru agar segera bisa diakses melalui web.
2. Kerugian e-commerce di antaranya:
a.
Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan.
Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya
atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
b.
Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa
menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang
tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
c.
Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan
ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba
padam.
d. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak
berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem
perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke
rekeningnya sendiri.
e. Kehilangan kepercayaan dari para
konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan
dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi
perusahaan tersebut.
f. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan
oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja , ketidakjujuran , praktek
bisnis yang tidak benar , kesalahan faktor manusia , kesalahan faktor
manusia atau kesalahan sistem elektronik.
Security Beberapa metode pengamanan data dalam transaksi E-Commerce
dan E-Bussines : Kriptografi Public Key : merupakan sistem asimetris
(tidak simetris) menggunakan beberapa key untuk pengenkripsian yaitu
public key untuk enkripsi data dan private key untuk dekripsi data.
Public key disebarkan ke seluruh dunia sementara private key tetap
disimpan. Siapapun yang memiliki public key tersebut dapat mengenkripsi
informasi yang hanya dapat dibaca oleh seseorang yang memiliki private
key walaupun anda belum pernah mengenal bahkan tidak tahu sama sekali
siapa yang memiliki public key tersebut. Contoh : Elgamal , RSA , DSA.
Keuntungan : memberikan jaminan keamanan kepada siapa saja yang
melakukan pertukaran informasi meskipun diantara mereka tidak ada
persetujuan mengenai keamanan data terlebih dahulu maupun saling tidak
mengenal satu sama lain.
g. Meningkatkan INDIVIDUALISME, pada
perdagangan elektronik seseorang dapat bertransaksi dan mendapatan
barang/jasa yang diperlukan tanpa bertemu dengan siapapun.
h.
Terkadang Menimbulkan Kekecewaan, apa yang dilihat dilayar monitor
komputer kadang berbeda dengan apa yang dilihat secara kasat mata
i. Tidak MANUSIAWI, sering sekali seseorang pergi ke toko &
MALL tidak sekedar ingin memuaskan kebutuhannya akan barang/ jasa
tertentu, akan tetapi bisa juga untuk refreshing, ketemu teman dan
keluarga dan sebagainya.
4. a. Apa yg anda ketahui tentang file, sebut dan jelaskan Tipe File!
b. Bagaimana sistem pengorganisasian database tradisional berproses!
jawab :
a. File yaitu himpunan seluruh record yang berhubungan.
Tipe File :· File Induk, file terpenting yang berisi record-record yang sangat di
perlukan dalam perusahaan . Di bagi menjadi dua, yaitu :
File Induk Statis : Jarang berubah nilainya, contoh : data karyawan
File Induk Dinamis : recordnya sering berubah sebagai hasil daritransaksi,
contoh : file persediaan barang
· File Transaksi, digunakan untuk merekam data yang diperoleh
dari suatu transaksi, seperti fike transaksi penjualan atau registrasi
pengambilan mata kuliah.
· File Laporan, disebut juga file output yang berisi informasi yang merupakan hasil pengolahan data yang ada.
· File Histori, disebut juga file srsip yang berisi data masa lalu yang sudah
tidak aktif lagi, tapi masih disimpan.
· File Salinan, berisi salinan dari file-file yang masih aktif di dalam database pada kurun waktu tertentu.
b. Sistem pengorganisasian database tradisional berproses:
Sistem
pengorganisasian database masih terpisah-pisah antara database satu
dengan database lainnya, sehingga banyak akibat negative yang
ditimbulkan, antara lain :
1. Redudansi atau duplikasi data.
Menyebabkan informasi menjadi kurang akurat, bahkan terjadi perbedaan
karena data yang satu sudah di perbaharui sementara duplikatnya belum.
2. Ketergantungan terhadap program aplikasi tertentu yang di gunakan untuk mengolah masing-masing database yang di bangun.
3. Ketergantungan terhadap program aplikasi tertentu yang menyebabkan SI yang terbentuk menjadi kurang fleksibel.
4. Keterpisahan database satu dengan lainnya mengakibatkan tingkat keamanan data menjadi rendah.
5. Jelaskan tiga tingkat representasi data & jelaskan!
jawab :
Tiga tingkat representasi data:
1. Level penyajian penampakan, representasi hasil pengolahan database
menggunakan SI dalam format yang mudah di pahami oleh pemakai.
2. Level konseptual, memperlihatkan file-file data yang dibuat dan hubungannya satu sama lain dalam sebuah lingkungan database.
3. Level fisik, tahap terendah dari abstraksi data yang memperlihatkan
struktur dan jenis data serta bagaimana data tersebut disimpan dan
diorganisasikan dalam media penyimpanan.
sumber :
http://ayuclark.blogspot.com/2011/12/sistem-informasi-manajemen-tugas-3.html
http://black711.wordpress.com/2011/10/30/keuntungankerugiane-commerc/
http://ndutagen.blogspot.com/2012_11_01_archive.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar